Popular Post

Posted by : ~~welcome__TO_MY_FANS__alvin~~ Rabu, 05 September 2012




Kata Pengantar
Puji syukur saya panjatkan ke hadiran Allahswt., atas limpahan rahmat dan karunia-Nyasehingga buku ini dapat terselesaikan tepat waktuuntuk memenuhi syarat tertentu.Buku ini disusun sesuai buku PanduanPembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X di buat Untuk SMA negeri 17 bekasi dengan penerbit  M.Alfin.Basyar dan Penuntun Belajar Kreatif karangan pak Daus s.p.d dengan penerbit SMA N 17 BEKASI.Penyusun berupaya semaksimal mungkinuntuk memuat semua inti dari buku-buku tersebutuntuk bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya.Bekasi, 06 November 2012
Penyusun



Daftar Isi
Kata pengantar…………………….……..………………….i
Daftar isi………………  …………………………..……..ii
Bab 1
Kajian Al-Qur’an tentang ManusiadanTugasnya…………………………..…….1
Surah Al-Baqarah (2) ayat30……………………………………………..…..…….1
Surah Al-Mu’minûn (23)
Ayat 12-14……………………………………………….…...…...2 Surah Aż-Żâriyât (51) Ayat56………………………………………………..…….2 Surah An-Nahl (16) Ayat78…………………………………………………..….3
Bab IIKajian Al-Qur’an tentangKeikhlasan dalam Beribadah………………………………………………………..……..…………………………………………….......4 Bab IIIBeriman kepada Allah dan AsmaulHusna……………………………..………….6
 
Pengertian…………………………………………………………………………………………………………….......6 Sifat-sifatAllah………………………………………………………………………………………………………..……….6AsmaulHusna……………………………………………………………………………………………………….…..7Hikmah Mengenal Sifat-sifat dan Nama-nama Allah dan Perilaku yang HarusDitampilkan……...………………...8
Bab IVHusnuzan kepada Allah, DiriSendiri, dan SesamaManusia………………………………………………………………………………………………………...9
Pengertian………………………………………………………………………………………………………………...…9Macam-macamHusnuzan………………………...….………………9 Hikmah Memiliki SifatHusnuzan……………………………………………....9DaftarPustaka…………….………………………………..10

















 
Bab I
Kajian Al-Qur’an tentangManusia dan Tugasnya
1.SurahAl-Baqarah(2) Ayat30
Kesimpulan Arti Surah Al-Baqarah (2) Ayat 30dan Perilaku yang Harus Ditampilkan
Beberapa kesimpulan dari Surah Al-Baqarah (2) ayat 30 adalah:
1).Allah menciptakan manusia untk dijadikan sebagai khalifah (wakilAllah) di bumi.
2).Sebagai khalifah, manusia harus melakukan kekhalifahannya di bumiuntuk menjaga kelestarian ciptaan-Nya, mengembangkan-Nya sertamemakmurkan-Nya.
3).Untuk membekali manusia sebagai khalifah di bumi, Allah swt.Memberikan pengajaran kepada manusia tentang kebenaran dalamsegala ciptaan-Nya, sehingga manusia mampu melaksanakan tugasyang berat tersebut.
4).Untuk itulah kita karus berusaha membekali diri kita denganmempelajari berbagai ilmu pengetahuan, sehingga kita dapatmenjalankan fungsi kekhalifahan dengan sebaik-baiknya. Kita dapatmelakukan fungsi tersebut sesuai drngan kemampuan dan status kitamasing-masing, tentu saja harus memerhatikan semua aturan yangsudah dibuat oleh Allah.
 
5).Malaikat menyangsikan tugas kekhalifahan itu dapat dilaksanakan olehmanusia, karena menurut malaikat dirinyalah yang lebih berhakmemikul tugas tersebut dengan bukti dia selalu bertasbih dan memuji-Nya.
6).Dalam kenyataannya, kebanyakan manusia banyak yang melakukanpenyimpangan dari aturan yang dibuat oleh Allah. Manusia banyakmelakukan kejahatan seperti merusak dan suka menumpahkan darahdi bumi.
2.Surah Al-Mu’minûn (23) Ayat 12-14
Kesimpulan Arti Al-Mu’minûn (23) Ayat 12-14dan Perilaku yang Harus Ditampilkan
Pada arti Al-Mu’minûn (23) ayat 12-14 tertera tahapan-tahapanterbentuknya manusia, ini adalah beberapa kesimpulan dari Surah Al-Mu’minûn (23) ayat 12-14:
1.Ayat 12 mejelaskan unsur penciptaan manusia setelah Adam (mansiapertama), yakni saripati tanah.
2.Ayat 13 kemudian melanjutkan penjelasan bahwa dari saripati tanahitulah Allah menjadikan sperma di tempat yang terjaga, yakni air manipada laki-laki dan sel telur pada perempuan.
3.Pada ayat 14 terurai proses penciptaan manusia dari air mani yangmenjadi segumpal daging hingga tulang belulang yang terbungkusdaging yang setelah itu ditiupkan ruh oleh Allah dan lahir sebagai bayidi dunia.
4.Di akhir ayat 14 Allah menyatakan bahwa Dia Mahasuci dan jugasebagai Pencipta yang paling baik.
5.Dengan adanya keterangan-keterangan di atas, kita harus senantiasabersyukur kepada Allah yang telah memberikan kesempatan hiduphingga detik ini. Tidak lupa terhadap orang tua yang telah melahirkandan menjaga kita hingga sekarang. Kita harus menjalankan perintah-perintah Allah dan juga orang tua tanpa menyimpang denganketentuan Allah. Dengan adanya kelahiran maka pasti ada kematianyang menjadi kelemahan manusia, keterangan-keterangan di atasmenyadarkan kita akan bekal masa depan dan menjauhi rasasombong.
3.Surah Aż-Żâriyât (51) Ayat 56
Kesimpulan Arti Aż-Żâriyât (51) Ayat 56 danPerilaku yang Harus Ditampilkan
Dalam surah Aż-Żâriyât (51) ayat 56 terdapat beberapa arti penting,termasuk:
1.Allah swt. Meciptakan jin dan manusia untuk beribadah kepada-Nya.
2.Meskipun ada banyak perbedaan antara jin dan manusia, namunkeduanya memiliki tugas yang sama sebagai makhluk Allah, yaitumenyembah kepada-Nya.
3.Bagi manusia, menyembah Allah merupakan tugas yang palingpenting, di samping kenjadi khalifah.
4.Kita tidak boleh meninggalkan ibadah kepada Allah, melakukannyapunharus didasari dengan niat yang ikhlas. Tanpa itu, ibadah kita akan sia-sia.
4.Surah An-Nahl (16) Ayat 78
Kesimpulan Arti An-Nahl (16) Ayat 78 danPerilaku yang Harus Ditampilkan
Pada surah An-Nahl (16) ayat 78 terdapat beberapa kesimpulanseperti:
1.Manusia lahir dengan tidak mengetahui apapun, karena itu ketika kitamenjadi orang yang pintar, berhasil, terkenal, kita tidak bolehsombong (takabur).
2.Dengan anugerah Allah kita memiliki tiga potensi dasar yang kemudiandapat dikembangkan menjadi mimpi yang kita inginkan. Tiga potensidasar itu diwajibkan untuk dipakai untuk menjadi khalifah, dan terlebihuntuk beribadah.
3.Dengan adanya tiga potensial tersebut, manusia diharusakan untukbersyukur, walaupun Allah menyatakan bahwa sebagian besarmanusia tidak pandai bersyukur


 












Bab II
Kajian Al-Qur’an tentangKeikhlasan dalam Beribadah
Kesimpulan Arti Potongan-potongan AyatMengenai Keiklasan Beribadah dan Perilakuyang Harus Ditampilkan
Pada surah Al-An’âm (6): 162-163 dapat diambil beberapa kesimpulanseperti:
1.Allah memerintahkan kepada umat-Nya agar ibadahnya murniterhadap kepada-Nya, tidak dibolehkan kepada selain-Nya.
2.Aktivitas ibadah meliputi semua perikehidupan manusia yangmenyangkut semua aktivitas dalam bentuk ibadah khususseperti salat, puasa, zakat dan haji, maupun aktivitas manusiadalam berhubungan dengan sesamanya (muamalah), sepertidalam berdagang, berpolitik, berkeluarga, dan sebagainya.
3.Tidak ada sesuatupun yang berhak menerima peribadahan(disembah) oleh manusia selain Allah
4.Oleh karena itu, kita harus berusaha menjadikan semua aktivitassebagai ibadah kepada Allah. Dengan niat ini, semua yang kitakerjakan tidak sia-sia, tetapi akan bernilai ibadah.
Pada surah al-Bayyinah (98): 5ada kesimpulan-kesimpulan yang bisadijadikan pembelajaran, seperti:
1.Allah memerintahkan kepada manusia hanya untuk beribadahkepada-Nya.
2.Ibadah kepada Allah harus dilakukan dengan ikhlas dan lurus,dalam arti harus benar-benar memurnikan jiwanya hanya tertujukepada Allah.
3.Dalam rangka memurnikan ketaatan kepada Allah, manusia jugadiperintahkan melaksanakan salat dan menunaikan zakat,sehingga akan terwujud agama yang lurus.
4.Dalam melakukan ibadah kepada Allah harus mengikuti aturan-aturan yang dibuar oleh syariat (Allah dan Rasul-Nya)
5.Untuk itulah kita hatus berusaha untuk selalu ikhlas dalam setiapibadah yang kita lakukan. Janganlah kita menyia-nyiakan ibadahyang kita lakukan karena tidak diniatkan dengan ikhlas, tetapiada tendensinya atau karena ingin dipuji dan dilihat orang (riya)















 
Bab III
Beriman kepada Allah danAsmaul Husna
1.PengertianIman kepada Allah adalah meyakini bahwa Allah adalahIlâh(Tuhan)yang benar. Hanya kepada Allah kita menyembah dan meminta tolong.Allah adalah pencipta alam dan yang mengaturnya. Keyakinan akanAllah Yang Maha Esa (tauhid) adalah titik pusat iman. Selainmempercayai adanya Allah, kita juga harus memahami sifat-sifatkesempurnaan-Nya.
2.Sifat-sifat Allah


no
Sifat
Arti
Arti
Mustahil
Nafsiah
 1
wujud
Ada
Tidak ada
Adam
Sabilyah
 2
Qidam
Terdahulu
Baru
Hudus
 3
Baqa
Kekal
Lenyap/binasa
Fana
 4
Mukhalafatu
lihawadisi
Mumasalatulilhawadisi
Serupa denganmakhluk-Nya
Mumasalatulilhawadisi
 5
Qiyamuhu
binafsihi
Adamul qiamibinafsihi
Membutuhkanyang lain
Adamul qiamibinafsihi
 6
wadahniayah
Ta’addud
Berbilang
Ta’addud
 7
Qudrat
Ajzun
Lemah
Ajzun
 8
Irada
Karahah
Terpaksa
Karahah

9
Ilmu
Jahlun
Bodoh
Jahlun
10
Hayat
Maut
Mati
Maut
11
Sama
Asamma
Tuli
Asamma
12
Basar
A’ma
Buta
A’ma
13
Kalam
Bukmun
Bisu
Bukmun
14
Qadiran
‘Ajizan
Mahalemah
‘Ajizan
 15
Muridan
Karihan
Maha terpaksa
Karihan

 16
‘Aliman
Jahilan
Mahabodoh
Jahilan

 17
Hayyan
Mayyatin
Mahamati
Mayyatin

 18
Sami’an
Assama
Mahatuli
Assama

 19
Basiran
A’ma
Mahabuta
A’ma

 20
Mutakalliman
Abkam
Mahabisu
Abkam

















 
 
3.Asmaul Husna
Asmaul Husna berasal dari kata
asma/ism
yang berarti nama dan kata
al husna
yang berarti baik. Jadi Asmaul Husna adalah nama-nama yangbagus atau yang terbaik yang dimiliki Allah sebagai bkti akankeagungan-Nya.Berikut ini adalah 99 Asmamaul Husna selengkapnya:No.NamaNo.NamaNo.Nama1.Ar Rahman34.Al Gaffur67.Al Ahad2.Ar Rahim35.Asy Syakur68.As Samad3.Al Malik36.Al ‘Aliyy69.Al Qadir4.Al Quddus37.Al Kabir70.Al Muqtadir5.As Salam38.Al Hafidz71.Al Muqaddim6.Al Mukmin39.Al Muqit72.Al Muakkhir7.Al Muhaimin40.Al Hasib73.Al Awal8.Al ‘Aziz41.Al Jail74.Al Akhir9.Al Jabbar42.Al Karim75.Az Zahir10.Al Mutakabbir43.Ar Raqib76.Al Batin11.Al Khaliq44.Al Mujib77.Al Waliyy12.Al Bari’45.Al Wasi’78.Al Muta’ali13.Al Musawwir46.Al Hakim79.Al Barru14.Al Gaffar47.Al Wadud80.Al Tawwab15.Al Qahhar48.Al Majid81.Al Muntaqim16.Al Wahhab49.Al Ba’is82.Al Afuw17.Ar Razaq50.Asy Syahid83.Ar Rauf 18.Al Fattah51.Al Haqq84.Malikul Mulki19.Al ‘Alim52.Al Wakil85.Zul Jalali wal Ikhram20.Al Qabid53.Al Qawiyyu86.Al Muqsit21.Al Basit54.Al Matin87.Al Jami’22.Al Khafid55.Al Waliyyu88.Al Ganiyyu23.Al Rafi’56.Al Hamid89.Al Mugni24.Al Mu’izz57.Al Muhsiy90.Al Mani’25.Al Muzill58.Al Mubdi’u91.Ad Darru26.Al Sami’59.Al Mu’id92.An Nafi’27.Al Basir60.Al Muhyi93.An Nur28.Al Hakam61.Al Mumit94.Al Hadi29.Al Adlu62.Al Hayyu95.Al Badi’30.Al Latif63.Al Qayyum96.Al Baqi31.Al Khabir64.Al Wajib97.Al Warisu32.Al Halim65.Al Majid98.Ar Rasyid33.Al ‘Azim66.Al Wahid99.As Sabur

 
4.Hikmah Mengenal Sifat-sifat danNama-nama Allah dan Perilaku yang HarusDitampilkan
a)Menyadari bahwa manusai adalah makhluk yang lemah
b)Berupaya untuk menjadi orang yang kuat dan pandai
c)Bersikap sabar, kasih sayang dan pemaaf 
d)Berupaya menjadi kreatif


 
Bab IV
Husnuzan kepada Allah, DiriSendiri, dan Sesama Manusia
1.Pengertian
Husnuzan berasal dari kata
husnu az-zan
yang berarti berbaik sangka.
Husnu
berakar dri kata
hasana
yang artinya baik atau berbuat baik dan
 zan
berarti dugaan, perkiraan, pikiran, atau pendapat. Berbeda dengan
su’uzan
atau berburuk sangka. Orang yang bersu’uzan adalah orang yang sukaberburuk sangka tanpa alasan yang jelas. Sebaliknya orang yangberhusnuzan adalah orang yang selalu berpikir positif dan tidak pernahberburuk sangka.
2.Macam-macam Husnuzan
a)Huznuzan kepada Allah
Meyakini bahwa Allah benar-benar Maha Esa (tauhid)
Bertakwa kepada Allah
Beribadah dan berdoa hanya kepada Allah
Berserah diri kepada Allah (tawakal)
Menerima dengan ikhlas semua keputusan Allah
b)Husnuzan kepada Orang Lain
Husnuzan kepada diri sendiri
Bersikap gigih
Bersikap inisiatif 
Rela berkorban
3.Hikmah Memiliki Sifat Husnuzan:
a)Hidup menjadi tenang, tentram, dan damai;b)Hati menjadi selalu terjaga kebersihannya;
 
c)Menumbuhkan sikap tulus, ikhlas, dan sabar;d)Memacu untuk lebih kreatif dalam hidupnya;e)Menumbuhakan sikap optimis dan tidak putusasa; danf)Senantiasa bersyukur atas segala karunia Allahsekecil apapun.
 




Daftar Pustaka
Abdullah, S. Ag. .
Penuntun Belajar Kreatif AgamaIslam Kelas X semester 1
. Depok: Arya Duta.Ajat Sudrajat, 2007.
Panduan PembelajaranPendidikan Agama Islam Kelas X Untuk SMA.
Surakarta: Mediatama. Cet. Ke-2

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © alvin basyar - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -