Popular Post

Posted by : ~~welcome__TO_MY_FANS__alvin~~ Rabu, 02 Juli 2014


Cara Membuat Wifi Di Laptop Windows 7 Menjadi Hotspot Area

Bagaimana cara setting wifi di laptop supaya dapat menjadi hotspot? Atau bagaimana cara membuat wifi sendiri dari laptop supaya dapat diakses oleh orang lain? Oke, kali ini blog saya akan memberikan tutorial tentang cara membuat hotspot dengan laptop windows 7.

Sebelum ke cara-cara atau langkah-langkahnya terlebih dahulu dapat diketahui. Bahwa membuat hotspot sendiri itu sangat membantu. Sebab bila sedang berkumpul dengan teman-teman tetapi hanya memiliki satu buah modem. Maka modem tersebut dapat diakses oleh banyak orang.

Jadi intinya yaitu bila ada salah satu laptop yang terkoneksi internet. Maka dari laptop tersebut dapat menjadi sebuah jaringan wifi yang dapat diakses oleh laptop lain.

Ya, yaitu dengan membuat jaringan hotspot dari laptop. Apakah bisa? Bukannya harus menggunakan alat tersendiri supaya dapat membuat jaringan? Itu, hanya pendapat orang-orang yang belum tau. Semoga dengan artikel ini dapat memberikan pengetahuan serta menjadikan banyak orang lebih tau bahwa membuat jaringan hotspot atau wifi itu sangatlah mudah.

Apa saja yang diperlukan untuk membuat hotspot area atau wifi dengan laptop?
  • Laptop yang dimiliki harus ada wireless atau wifi. Dan sekarang laptop (notebook, Netbook, ultrabook) pasti sudah memiliki fasilitas ini. 
  • Untuk tutorial ini, sistem operasi yang digunakan yaitu windows 7. Untuk windows XP, hampir sama caranya, tetapi bagi pengguna windows 8 agak sulit. Sebab harus melalui cmd. Untuk yang memakai Linuk, MAC atau sistem operasi lainnya silahkan mencari tutorial sendiri.
  • Koneksi internet, untuk koneksi internet dapat melalui modem.

Sebelum mengetahui cara ini, dahulu untuk membuat jaringan hotspot sendiri. Banyak orang yang menggunakan software. Kelemahan ketika memakai software yaitu berbayar (walaupun banyak yang memakai crack), membuat komputer menjadi berat terlebih lagi untuk netbook yang memiliki spesifikasi rendah, butuh pemahaman ekstra bagi yang tidak terlalu paham akan komputer serta bila dari windows sendiri bisa kenapa harus menggunakan software? Betul tidak?


Untuk kelebihan dari software yaitu dapat digunakan untuk berbagai macam sistem operasi.
Sekarang apa kelebihan bila membuat jaringan wifi langsung melalui sistem operasi windows 7? Kelebihannya yaitu tidak memakan banyak memory serta prosesor, sehingga bagi pengguna netbook tidak perlu khawatir bila komputernya menjadi hank, Tidak perlu menginstall software, mudah digunakan, tidak perlu mengeluarkan uang lagi.

Bila kelebihannya sudah mengerti kelemahannya apa? Untuk kelemahan yaitu tidak bisa men-sharing dari hotspot area. Jadi harus menggunakan modem.

Oke, untuk langkah membuat hotspot dari laptop sistem operasi windows 7 sebagai berikut:

Nyalakan laptop, koneksikan internet.

Kemudian klik tombol start dan pilih Control Panel. Maka akan tampil halaman seperti dibawah ini.



Tetapi jika yang muncul halaman seperti dibawah ini maka ganti View bymenjadi Category.

Oke, selanjutnya yaitu klik Network and Internet dan selanjutnya akan dibawa masuk ke halaman seperti dibawah ini.

Bila sudah muncul halaman seperti diatas, selanjutnya ketik ADHOC pada kolom searching di pojok kanan atas. Sehingga akan muncul halaman seperti dibawah ini.Kemudian klik Set Up an ad hoc (computer to computer) network.

Maka setelah itu akan muncul halaman berikut ini dan klik next.

Dan lalu muncul halaman seperti berikut. 


Isi Network name (wajib diisi) terserah.

Pilih salah satu dari Security type, untuk WPA2-Personal itu jika hotspot yang ingin diciptakan memiliki password. Jika tidak menggunakan password pilih No authentication(open).

Untuk Security Key diisi password yang diinginkan (jika memilih Security type dengan WPA2-Personal). Tetapi jika para Security type yang dipilihNo authentication(open) maka Security Key dikosongi saja.


Bila sudah, klik next.




Kemudian bila tampil halaman seperti ini, klik Turn On Internet Connection Sharing.  Tunggu proses lalu bila muncul halaman selanjutnya close.
Nah membuat hotspot sendiri sudah selesai, seperti gambar dibawah ini.

Sangatlah mudah bukan cara untuk membuat wifi dari laptop? Jadi sekarang mengakses internet bersama-sama dengan teman atau orang lain akan terasa mudah.
Jika ada wifi yang tidak bisa bekerja, masuk ke Open Network Sharing Center.


Kemudian klik change advance sharing setting.

Dan ubah semuanya menjadi turn on.
Khusus pada password klik turn off, kemudian save.
Sebelum mengakhiri artikel ini. Apakah sudah tahu semua bagaimana cara men-sharing data melalui wifi? Jadi misalkan satu kelas menyalakan laptop semua kemudian dari dosen memberikan materi berbentuk ebook. Tidak perlu menggunakan flashdisk untuk mendapatkan materi tersebut. Tinggal share ebook tersebut melalui wifi kemudian dari laptop lain tinggal copy.

Caranya yaitu hampir sama seperti diatas. Tetapi pada bagian ini langsung di closeJangan di  turn on Internet connection Sharing. Seperti gambar dibawah ini.

Kemudian untuk men-sharing data atau file yaitu klik kanan pada folder yang berisi file tersebut. Pilih properties dan selanjutnya pilih Sharing lalu klik tombol share.

Lalu akan muncul halaman seperti gambar dibawah ini pilih everyonekemudian klik tombol add.

Lalu dari read ubah menjadi read/write kemudian klik share. Bila muncul halaman lagi, klik Done.
Pastikan pada advanced sharing settings diatur seperti ketika membuat wifi diatas.
Selanjutnya bila ingin meng-copy file yang telah disharing tadi. Masuk ke windows Exploler dan klik network.
Dan klik dari komputer mana file tersebut disharing. Misal dari YOKO-PC, klik dua kali pada YOKO-PC dan copy file yang di sharing.
Itulah cara membuat hotspot sendiri. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat. 
sumber : alvinbasyar.blogspot.com

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © alvin basyar - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -